Ad Code

Responsive Advertisement

Waktu yang Tepat Untuk Sikat Gigi Anak Saat Puasa


Bolehkah sikat gigi saat puasa?  Ada perbedaan pendapat mengenai hal ini,  yaitu: 

1. Mubah

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِى لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ وُضُوءٍ
“Seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu.” (HR. Bukhori dan Muslim)


2. Makruh

Tidak semua ulama menyutujui pendapat yang memperbolehkan menyikat gigi di saat berpuasa. Beberapa ulama lain mengatakan bahwa menggosok gigi saat puasa itu makruh atau sebaiknya dihindari. Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani dalam Nihayatuz Zain menyampaikan bahwa:

“Hal yang makruh dalam puasa ada tiga belas. Salah satunya bersiwak setelah zhuhur,” (Nihayatuz Zein fi Irsyadil Mubtadi’in, cetakan Al-Maarif, halaman 195). (Sumber:  https://dalamislam.com/hukum-islam/hukum-menyikat-gigi-saat-puasa/amp)

Semua pendapat punya landasan masing-masing, jadi mau pilih yang mana tentu boleh saja dan tidak perlu diperdebatkan.  Iya khan??

Bagi orang dewasa,  apapun pilihannya, pasti bisa menjaga agar puasanya tidak  batal.  Tapi bagaimana kalau yang sikat gigi anak-anak yang sedang belajar berpuasa?
 
Kalau Alfi, lumayan sering menelan air saat kumur-kumur, atau sengaja gosok gigi berlama-lama untuk menikmati rasa buah dari pasta giginya. Kalau terjadi seperti ini,  lalu bagaimana dengan puasanya? Pasti batal dong ya?

Maka dari itu,  untuk menghindari hal-hal yang bisa membatalkan puasa,  saya memilih waktu yang tepat untuk mengajak Alfi sikat gigi.  Kapan waktu yang tepat untuk sikat gigi anak saat puasa? Saya memilih 3 waktu ini,  untuk menggosok gigi Alfi:

1. Menjelang imsyak
Biasanya Alfi makan sahur saat waktunya sudah meper imsyak.  Jadi begitu selesai makan sahur,  langsung ajak gosok gigi bareng biar semangat. Kemudian lanjut jalan-jalan keliling kampung.  Setelah waktunya sekolah,  Alfi mandi dan tidak perlu gosok gigi lagi. 
Puasa harus rajin gosok gigi ya.... :) 

2. Selesai berbuka puasa

Alfi sudah terbiasa gosok gigi sore saat mandi,  tapi selama puasa,  gosok giginya siang setelah buka puasa tengah hari dan selesai buka puasa maghrib.


3. Selesai sholat tarawih sebelum tidur
Selama puasa ini,  Alfi yang biasanya stop makan sebelum maghrib jadi makan melulu sampai sebelum tidur.  Makanya saya memaksa dia untuk gosok gigi lagi sebelum tidur,  biar gigi grupisnya tidak semakin banyak.


Itulah 3 waktu yang tepat untuk gosok gigi anak saat puasa?  Apakah setiap hari berjalan lancar acara gosok giginya?  Tentu tidak,  kadang Alfi ogah-ogahan gosok gigi apalagi kalau sudah ngantuk. "Kumur-kumur aja ya buk?",  kata Alfi sambil memelas kadang sambil ngegas-ngegas volume suaranya. Kalau sudah begitu,  emaknya pasti nyerah. : ). 

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement