Ad Code

Responsive Advertisement

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mengatasinya

Bau mulut merupakan masalah serius bagi sebagian orang.  Karena bisa menyebabkan kurangya kepercayaan diri seseorang saat berinteraksi dengan orang lain. "Kalau orang lain terganggu bagaimana?  Kalau orang lain tidak nyaman bagaimana?"  Mungkin itu yang ada dalam pikiran kita. 

Lalu bagaimana mengatasi bau mulut yang menganggu ini?  Sebelum tahu cara mengatasi bau mulut,  sebaiknya cari tahu dulu apa penyebabnya. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab bau mulut.  Diantaranya: 

  • Gigi berlubang
Hal ini bisa menyebabkan bau mulut,  apalagi kalau ada sisa-sisa makanan yang tidak segera dibersihkan.  Saya sendiri punya gigi cuil (bukan berlubang)  yang lumayan sering keselip makanan di sela-selanya.  Kalau tidak segera dibersihkan,  sudah bisa dipastikan bau mulut lebih menyengat.  

Solusinya ya harus menggosok gigi dengan baik dan benar, terutama setelah makan dan sebelum tidur. Seharusnya periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali,  tapi males ya.  Saya ke dokter gigi sejak hamil si adek,  sekarang anaknya sudah 20 bulan. : ) 

  • Makanan
Makanan seperti jengkol atau petai merupakan makanan favorit sebagian orang termasuk saya. Efeknya, selain menyebabkan bau saat buang air kecil juga bisa menyebabkan bau mulut. Solusinya,  perbanyak minum air putih, makan buah dan sayur, kurangi makan makanan yang berbau tajam seperti jengkol dan petai tersebut.  Kalau sudah terlanjur suka,  gosok gigi dengan bersih setelah makan. 
Semur jengki alias jengkol si penyebab bau mulut. : ) 

  • Merokok/alkohol
Rokok/alkohol  sama halnya dengan makanan.  Apalagi perokok berat,  baunya lumayan mengganggu. Inilah salah satu alasan kenapa saya tidak suka memiliki pasangan seorang perokok. Beruntung dapat suami bukan perokok aktif. Etapi sesekali merokok kalau kumpul teman tidak apa-apa sih.  Yang penting habis merokok segera gosok gigi.:) 

  • Gangguan penyakit tertentu
Gangguan penyakit seperti Xerostomia atau mulut kering  (suatu kondisi gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kurangnya kandungan air liur di dalam mulut),  dan gangguan saluran pencernaan bisa menjadi penyebab bau mulut.  Kalau sudah menyangkut kesehatan sebaiknya segera periksa ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih tepat dan cepat ya. 



Referensi:  https://www.tanyapepsodent.com/napas-segar/bau-mulut-inilah-penyebab-cara-mengatasi-dan-pencegahannya.html

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement