Ad Code

Responsive Advertisement

Tujuan Ngeblog Dari Masa Ke Masa

Kalau ditanya apa tujuan saya ngeblog?  Dari masa ke masa itu selalu beda, menyesuaikan situasi dan kondisi yang terjadi pada masa itu. Pada masa awal saya ngeblog, tujuan saya membuat blog adalah untuk mencari dollar dari goggle AdSense. Waktu itu saya tergiur oleh teman Facebook saya yang sedang bekerja di Malaysia yang memiliki blog berbahasa inggris. Katanya,  setiap bulan dapatnya lumayan, bisa buat nambah uang jajan. 

Akhirnya, saya dibantu untuk membuat sebuah blog gratisan dari blogspot,  mulai menulis, pasang google adsense,  bahkan sempat membuat blog  berbayar. Berharap banget bisa mendapatkan dollar dari blog yang baru seumur jagung. 

Baca: Faceboker Belajar Mblogger

Tapi ternyata, segala sesuatu yang menjadikan uang sebagai tujuan,  hasilnya malah jauh dari harapan. Ngumpulin dollar dari google adsense itu tidak semudah yang dibayangkan. Sekian lama, dollar yang berhasil saya kumpulkan hanya $9. 

Akhirnya,  saya hanya fokus menulis isi hati saya, blog walking, ikut lomba-lomba blog/giveaway yang pada masa itu hadiahnya buku, atau barang yang harganya tidak seberapa, tapi sensasinya luar biasa. Karena dengan ikut lomba-lomba blog, bisa menambah pertemanan, pengetahuan tentang banyak hal dan bonusnya dapat hadiah dari lomba blog/giveaway yang diadakan oleh sesama teman blogger.

Sampai akhirnya saya beralih ke blog berbayar, dan dari situ rejeki melalui content placement atau sponsor post, mulai mengalir ke rekening meskipun tak sebanyak blogger-blogger ternama. Setelah merasakan uang jajan dari blog,  tujuan ngeblog yang tadinya hanya curhat tentang keseharian, bertambah menjadi curhat+cari duit. 

Mereka yang menjadi prioritas, sampai melupakan blog. :) 

Tapi karena putra ke 2 kami mengalami keterlambatan tumbuh kembang, saya memilih fokus mengurus si adek dan mengabaikan blog sampai domainnya expired.  Blog yang performanya sudah mulai bagus, dan mendatangkan banyak rejeki buat keluarga kami harus hilang, karena terlanjur diambil alih orang lain. 

Baca: Waspadai Gangguan Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

Ya sudah, beli domain baru dan membangun blog dari awal lagi. Alhamdulillah,  domain ini baru perpanjangan untuk tahun ke 3 dan sampai tahun ke 3 ini, belum banyak tulisan yang saya buat serta belum pernah dapat job sama sekali. 

Baiklah, kembali ke tujuan sebelumnya saja. Ngeblog untuk mencurahkan isi hati saja,  sambil terus belajar tentang tips-tips blogging dari para mastah. Semoga masih ada rejeki di sini, suatu hari nanti.  Semangat menulis.  

Post a Comment

1 Comments

  1. Blog itu sudah menjadi rumah tempat mencurahkan semua isi pikiran. Blog juga sih yang mencerminkan diri kita, bisa dimanfaatkan buat bisnis juga, bisa untuk sharing. Semangat ngeblog pokoknya, banyak banget manfaatnya.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Ad Code

Responsive Advertisement