Ad Code

Responsive Advertisement

Menu Buka Puasa Praktis Tanpa Minyak Goreng

Punya momongan balita dan bayi lansia, kadang membuat saya kerepotan dalam hal memasak kalau pak suami pas tidak ada. Makanya saya suka masak yang praktis dan ekonomis tapi makannya bisa lahap. Karena kalau puasa biasanya selera makan berkurang, setelah kebanyakan minum. 

Ada beberapa menu buka puasa praktis dan ekonomis karena tidak memerlukan minyak goreng yang harganya meroket. Apa saja menu buka puasa praktis tanpa minyak goreng?  Ini diantaranya: 

  • Sayur asem + bothok

Menu ini sama sekali tidak pakai minyak. Sayur asem bikinan saya itu praktis banget,  karena tinggal potong sayur, bawang merah bawang putih kemudian cemplung-cemplung aja sudah jadi. Untuk bothoknya, biasanya beli, sebungkus 1500 atau minta sama emak.

Sayur asem + bothok pedas

Baca:  Resep Sayur Asem Super Mudah dan Murah

  • Pecel

Pecel merupakan menu buka puasa yang super praktis juga,  karena tinggal rebus sayur sama bikin sambel pecel. Menu ini paling favorit untuk buka puasa,  makanya awal puasa gini suka bikin banyak sekalian. Biar enak kalau mau makan,  tinggal rebus sayur aja.

Praktis dan ekonomis

Baca:  Resep Sambel Pecel Madiun
 

  • Trancam/urap mentah

Trancam bumbunya mirip urap, hanya saja semua sayurnya mentah,  seperti timun, kenikir, lamtoro, tauge pendek, kemangi, kacang panjang, dll sesuai selera dan ditambah tempe bungkus daun yang di bakar. Buka puasa pakai menu ini sungguh nikmat dan bisa menghabiskan banyak nasi. 

Itu dia menu buka puasa praktis tanpa minyak goreng yang menjadi andalan keluarga kami. Tapi tetep ya... gorengan selalu ada meskipun beli. Ujung-ujungnya tetep ga bisa pisah sama minyak goreng. 

Ya sudahlah... Nikmati saja. Mahal,  asalkan barang ada. Semoga diberi rejeki lebih biar tetap bisa mencukupi semua kebutuhan yang harganya pada naik tapi harga gabah malah turun. Amin... 

Post a Comment

2 Comments

  1. Ini nih yang bikin sehat dan hemat hehe karena ga begitu mahal, apalagi mudah buatnya. Jarang sih milih menu gini, karena bawaannya pas puasa tuh bukanya harus yang enak. Bisaa dicobalah sekali-kali.

    ReplyDelete
  2. Menu murah cenderung gratisan mbak, karena beberapa sayur metik di sekitar rumah atau dikasih tetangga sawah.
    Biasanya kalau sudah buka males makan karena kenyang minum, makanya cari yang sederhana tapi bisa enak makan.:)

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Ad Code

Responsive Advertisement