Ad Code

Responsive Advertisement

5 Kegiatan Bermanfaat Di Bulan Puasa

Tahun ini, Ramadhan ke 2 di rumah sendiri, yang berarti semua harus dilakukan sendiri tanpa bantuan emak lagi. Meskipun harus mengurus semua sendiri ditambah mertua yang sakit, tapi selama bulan puasa ini kerempongan yang sering terjadi setiap hari sedikit berkurang.

Kebetulan habis makan sahur saya tidak tidur lagi, dan tidak perlu menyiapkan sarapan. Jadi saya bisa menyelesaikan kerjaan harian seperti bersih-bersih rumah, cuci baju, membantu mertua bebersih, dll, lebih awal. Sehingga, saya punya lebih banyak waktu untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat di bulan puasa ini, selain beribadah.

Inilah 5 kegiatan yang bermanfaat yang saya lakukan di bulan puasa tahun ini:

1. Menjemur padi

Alhamdulillah, kali ini dapat rejeki panen pas puasa. Seharusnya sebelum puasa sudah panen, tapi karena pekerja yang memanen padi pulang ke kampungnya di Wonogiri,  3 hari sebelum puasa jadi panennya di undur. Kebetulan, padinya dijual basah jadi jemurnya cuma buat jatah makan aja. Sedikit, tapi jemur padi pas puasa tentunya jadi lebih berat, apalagi beberapa hari ini panasnya masyaallah. Seneng padinya cepat kering tapi habis dari panas-panas langsung pusing. :)
Panasnya cetar,  alhamdulillah. 

2. Menyiapkan Buka puasa dan Sahur

Ini sih bukan kegiatan melainkan kewajiban kali ya. Tapi ya itulah kegiatan emak-emak selama bulan puasa. Yang kelihatannya cuma sepele tapi menghabiskan banyak waktu juga. :)

3. Menyulam kristik

Selama puasa, kerempongan dalam rumah rasanya sedikit berkurang. Pak suami lebih sering di rumah, jadi bisa antar jemput sekolah Alfi atau mengajak main si adek. Untuk mengisi waktu luang, saya menyulam kristik yang biasanya hanya bisa saya kerjakan saat adek sudah tidur malam.
Cross stitch
Kristik gambar tembok China yang tak Kunlun selesai. 

Baca: Hobbyku bikin kristik



4. Mengurus tanaman dan mencabut rumput

Sejak tinggal di rumah sendiri, jadi semangat tanam-tanam bunga. Hanya saja, belum punya modal buat beli pot bagus seperti orang-orang.  Maklum rumah baru, banyak printilan rumah yang jauh lebih penting yang harus didahulukan daripada pot bunga. Makanya saya tanam bunga di polibag atau di tanah begitu saja. Karena rumah mewah alias mepet sawah itu ga bisa lepas dari yang namanya rumput,  jadi harus rajin-rajin cabut rumput biar suburnya, tidak saingan sama bunga.
Rumput sama bunga saingan suburnya

5. Beres-beres rumah

Selesai plester,  pasang keramik, jendela dan pintu, berapa bulan lalu, menyisakan barang tak terpakai seperti potongan-potongan keramik kayu, dan lainnya. Semuanya teronggok di beberapa sudut rumah termasuk garasi yang akhirnya berubah fungsi jadi gudang, sedangkan kendaraan malah di taruh luar. Maka dari itu, kami memanfaatkan waktu luang di bulan puasa ini, untuk membereskannya pelan-pelan. Semoga saat lebaran sudah rapi semua, karena dengan tinggalnya mertua bersama kami,  akan banyak tamu yang datang ke rumah kami.

Itulah 5 kegiatan bermanfaat yang saya lakukan di bulan puasa. Hati senang, rumah bersih, hobby tersalurkan. Bagaimana dengan kegiatan kalian?


Post a Comment

2 Comments

  1. Nah mantep melakukan kegiatan-kegiatan ini jadi ga bosan dan bisa jadi pelipur lapar. Apalagi banyak manfaatnya buat kita sendiri daripada bulan puasa sia-sia. Bisa dicoba ini pas ga ada kerjaan yang mendesak.

    ReplyDelete
  2. Wah sabar sekali kak, nyulam-nya ehehe. Tapi nyulam itu memang kalau dilakukan, dan melihat progress, kita jadi nagih, dan nggak kerasa, waktu sudah berlalu aja ya.. hehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Ad Code

Responsive Advertisement