Ad Code

Responsive Advertisement

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan

Ramadhan tahun ini,  ada lumayan banyak kegiatan yang saya lakukan setiap harinya.  Sehingga,  hari-hari terasa begitu cepat berlalu. 

Berawal dari makan sahur,  si adek sering juga ikutan bangun dan tidak mau tidur lagi. Maunya dia keluar jalan-jalan,  tapi ya nunggu shubuh dulu baru diajak keluar. 

Biasanya embah yang ngajak jalan-jalan naik sepedanya,  sekalian belanja. Sedangkan saya, nyuci dan ngurus kerjaan rumah lainnya. Setelah pulang jalan-jalan langsung nyuapin si adek lanjut ngurusin Alfi mau sekolah. 
Belanja... . 

Setelah Alfi sekolah, biasanya adek tidur lagi setelah mandi. Sedangkan saya bantuin emak nyiapin bahan-bahan yang mau di masak buat jualan takjil jam 4 sore. 

Kalau hari selasa dan kamis,  setelah Alfi sekolah,  si adek pergi fisioterapi karena terlambat jalan. (Mungkin lain kali akan saya ceritakan tentang tumbuh kembang si adek ini). 

Sebenarnya terapinya sudah di jadwal tapi kadang ada yang datang tidak sesuai jadwal, jadi harus antri dulu. Terapi yang seharusnya +/- 1,5 jam bisa molor sampai 2 jam lebih. Pulang-pulang sudah siang,  nidurin adek dan sayapun ikutan tidur. :). Begitu bangun,  langsung bertempur di dapur bantuin emak nyiapin dagangan. 

Sebelum berangkat jam 4, saya sudah nyuapin dan mandiin adek.  Jadi ketika saya tinggal jualan,  adek sudah dalam keadaan kenyang dan bersih. Embahnya tinggal momong aja. 

Kurang lebih saya jualan cuma 1,5 jam sudah selesai. Tepat bedug maghrib saya sudah siap pulang sehingga bisa buka puasa di rumah bareng keluarga. 

Setelah berbuka,  kadang si adek langsung tidur kadang ya main dulu. Setelah yang lain pergi tarawih dan adek sudah tidur, saya bisa melakukan pekerjaan rumah seperti nyuci piring, nyuci baju, dll, setelah itu baru menghadap sang pencipta. 

Selama ramadhan kali ini,  saya juga meluangkan waktu menulis untuk mengikuti tantangan 30 hari menulis Blogger Perempuan. Bagi saya ini prestasi membanggakan,  karena sebelumnya blog saya lumutan tidak pernah tersentuh. Sekalinya nulis, eh tulisan berbayar,  itupun sangat jarang. :).

Sejak,  puasa ke 24 jualan takjilnya sudah istirahat karena emak mulai sibuk bantu-bantu masak di rumah tetangga dan sibuk bikin madumongso. 

Karena sudah tidak jualan,  kesibukan saya mulai berkurang sehingga punya lebih banyak waktu buat anak-anak.  Sebagai gantinya,  setiap sore kami pergi ngabuburit untuk menunggu waktu maghrib. 

Kebetulan,  beberapa hari menjelang lebaran,  Alfi puasanya sampai maghrib.  Dan godaan terbesar biasanya saat menjelang maghrib, "lapar Buk,  makan ini ya Buk?", makanya kami ajak Alfi ngabuburit biar bisa mengalihkan rasa laparnya. Pulang-pulang sudah waktunya buka puasa. 


Begitulah kegiatan saya selama bulan ramadhan.  Soal Ibadah memang sangat kurang maksimal,  karena masih punya bayi.  Tapi tetap bersyukur karena si Adek bisa diajak puasa. Semoga tahun depan sudah bisa di ajak kompromi lah.  Amin. 

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement