Ad Code

Responsive Advertisement

Bidadari Turun Ke Sungai

Lebaran kemarin, adik dan istrinya yang asli orang Tangerang pulang kampung. Melihat air sungai yang jernih, istrinya ngajakin mencuci baju di sungai. "Hah nyuci di kali?", kata saya. "Iya, disana nyucinya juga di kali. Kalau nyuci di rumah baju putih warnanya kekuningan", jawabnya. Tapi nyucinya dititipin ke tukang cuci, jadi ndak perlu turun ke sungai sendiri.


Melihat adik dan istrinya nyuci di sungai, jadi ingat masa kecil saya. Dulu waktu sumur kami masih pakai timba, saya dan adik suka nyuci di sungai. Waktu itu sungainya bersih dan airnya jernih. Pegawai pengairannya rajin membersihkan rumput-rumput yang tumbuh di sekitar sungai.

Tapi sekarang sungainya kotor sekali, dasar sungainya penuh lumpur dan sekelilingnya penuh rumput liar. Entah ngapain aja tuch pegawai pengairan jaman sekarang kok sungainya tak terawat. Bahkan rumah-rumah pengairan (Loji) yang kata orang peninggalan jaman Belanda itu banyak yang roboh karena tidak dihuni pegawai pengairan. 

Semoga untuk ke depannya ada perhatian khusus dari pihak pengairan. Karena di daerah kami, sungai punya peran penting bagi para petani untuk irigasi sawah. Kalau irigasi lancar, petani pun akan tersenyum lebar karena bisa ngirit solar. :)

 Bidadari turun ke sungai. :)

 DAM untuk pengaturan irigasi.
  
DAM yang ini dekat rumah, DAM yang besar letaknya agak jauh dari rumah. Tapi beberapa waktu lalu, putaran pengatur yang terbuat dari besi dicuri maling. Jadi sekarang sudah tidak bisa diatur lagi.

Yang ini depan rumah, airnya masih jernih tapi kanan kirinya penuh rumput. Dulu banyak yang mandi disini dan sering dimarahi, tapi sekarang sudah tidak ada lagi. :)

Post a Comment

15 Comments

  1. wah, air masih melimpah di sana ya Mbak? beda dengan daerah Bantul Jogjakarta yang sudah banyak warga kekurangan air bersih...memprihatinkan, di sisi lain banyak perumahan dialiri PAM sedang 100 m di luar perumahan warganya kekeringan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. emangnya air PAM nya ga nyampe luar perumahan ya mbak? Susah ya kalo ga ada air bersih

      alhamdulillah di dekat saya ada DAM jadi airnya masih melimpah tapi kalo musim kemarau airnya lebih sedikit dan jadi rebutan para petani mbak.

      Delete
  2. wah,bersih ya mbk sungainya...bening pula :D

    ReplyDelete
  3. Kalau airnya bersih gitu seneng aja ya main air.
    Tapi kalau banyak yang nyuci di kali apa tidak menimbulkan pencemaran air sabun nantinya? *tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nampaknya bersih tapi kayaknya penuh kuman bund karna sungainya jadi tempat pembuangan sampah :(

      Delete
  4. biar bersih, mikir panjang kalo sungai sekarang. kecuali masih di pedalaman kayak disini. kalo dulu sih ga cuma nyuci. tiap angon, kambingnya minum aku ikutan nyruput juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh Pak Raw pernah angon kambing juga ta? Pantes si Ncip kepincut-pincut sama embek...# ehhh

      Delete
    2. Iya om, sekarang emang meragukan. Karna banyak yang buang sampah ke sungai.

      Ncit suka embek ternyata emang ada keturunan tukang angon yak ehehe

      Delete
  5. beberapa tahun yang lalu aku masih suka nyuci di sungai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dekat sungai juga ya? Emang enak kok nyuci di sungai, airnya melimpah hehe

      Delete
  6. judulnya bikin merinding mbak ^_^ bidadari turun ke sungai, kayak cerita damar wulan yah...

    ReplyDelete
  7. kl putaran besinya dicuri, trus ngaturnya gimana?

    ReplyDelete
  8. Kampung tempat aku menghabiskan masa kecil dulu juga punya sungai, airnya jernih, bersih..kita biasa mandi juga main di sungai itu. Tapi terakhir kali pulang tahun lalu sngainya udah berubah keruh, tercemar dan sering banjir.Sedih lihatnya...

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Ad Code

Responsive Advertisement