Ad Code

Responsive Advertisement

[Ribetnya] Bikin Akte Kelahiran

"Mbak, tolong diantar ke rumah saya KK, KTP suami istri, dan KTP 2 saksi (ASLI). Karena aturan baru dari kabupaten harus asli. Besok saya susulkan, karena kalau sampai jum'at belum masuk nanti kena denda", bunyi SMS dari bu Bidan hari rabu 13 Maret. Mendapat SMS dari bu Bidan, saya baru nyadar kalau si kecil Alfi sudah berumur 2 bulan. Itu berati batas waktu pembuatan akte kelahiran sudah hampir habis.



Sebenarnya kami sudah jauh-jauh hari mengurus surat-surat yang dibutuhkan. Tapi semuanya jadi terlambat gara-gara ngurus KK (Kartu Keluarga) nya sebulan lebih baru jadi. Padahal suami sudah minta dipercepat tapi petugas kecamatannya bilang "tenang saja mas, batas waktunya 2 bulan. Waktunya masih banyak". Akhirnya suami pasrah saja ketika pengambilan KK tertulis tanggal 28 Februari.

Banyak waktu bagaimana? Lha wong kami ngurusnya KK seminggu setelah si kecil lahir, ditambah bulan Februari kalendernya cuma sampai tanggal 28. Sehingga banyak waktu yang terbuang sia-sia.

Setelah KK jadi, suami segera melengkapi semua persyaratan dan diantar ke tempatnya bu Bidan. Tapi ternyata ada kesalahan. KKnya belum di tandatangani sudah di fotocopy duluan, terus saksinya harus tetangga dekat tidak boleh orang lain kampung. Akhirnya pinjam KTP tetangga sebelah, fotocopy lagi baru diantar ke tempatnya bu Bidan. Setelah persyaratan lengkap, berkas diberikan kami lagi untuk meminta tanda tangan pak Kepala Desa. Setelah itu dikembalikan lagi ke Bu Bidan.

Besoknya Bu Bidan SMS lagi "Mbak, karena lahirnya di RS, harus ada surat lahirnya dari RS". Saya kira tidak ada surat lahir dari RS, tapi ternyata di buku KIA ada keterangan lahir 2 lembar yang satu lembar memang untuk mencari akte kelahiran. Ya sudah... akhirnya yang selembar saya gunting dan diantar ke tempatnya bu Bidan.

Saya kira semua sudah beres, eh.... setelah waktunya sudah hampir habis kok ya ada lagi masalahnya. Persyaratan yang dulunya hanya pakai fotocopy, kok ya tiba-tiba minta yang aslinya. Kasihan tuch bu Bidannya harus bolak-balik ke Madiun untuk ngurus akte. "Sepertinya memang mempersulit kita kok mbak, wong dulu pakai fotocopy aja bisa", kata bu Bidan waktu saya mengantar KTP dan KK asli. Semoga setelah ini tidak ada masalah lagi. Amiin.

Alfi 2 bulan
Alhamdulillah, usia Alfi hari ini sudah 2 bulan. Alfi sudah bisa mendengar dan melihat siapa saja yang ngajak dia bercanda. Sudah belajar miring, dan pernah sekali sampai tengkurap. Tapi sama mbah utinya dibalikin lagi, soale belum waktunya tengkurap katanya. Sudah bisa nengok ke kiri, tapi sudah terlanjur agak peyang kepalanya gara2 suka nengok ke kanan. Makin banyak gerak, dan sudah mau minum ASI. Kalau dulu ASI hanya untuk selingan, sekarang Susu Formulanya yang untuk selingan, kalau Alfi kurang kenyang. Dan masih banyak lagi kemajuan-kemajuan lainnya.  Cepat besar ya nak.... 

Post a Comment

40 Comments

  1. Emang ribet ya mbak ngurus akte itu, anak saya yg mo 3 thn aja akte nya malah belum bkin, krn ribet ngurus kk baru lg, soalny pindah rumah, dan mesti bolak- balik. karena dah kapok akhirnya males2an aja ngurus aktenya, kata temenku klo udah lewat 3 tahun mesti sidang ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah kok sampe terlambat gitu mbak? ayo cepetan dibikinin sebelum masuk sekolah. yang jelas sidang mbak, disini ada beberapa temen yg harus sidang gara2 males wira wiri :)

      Delete
  2. Belum tau ribet ngganya krn lom punya anak. tp dari ceritanya mba Tarry, benar-benar kelihatan ribetnya. smoga selanjtnya digampangkan dan sgera slesai aktenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya nanti kalo cari akte biar lebih pinter setelah baca ini hehe.
      Alhamdulillah sudah beres tinggal nunggu jadinya aja :)

      Delete
  3. Wah... ternyata si kecil sudah berumur dua bulan mba Tarry... Masyaallah, kemana aja saya ini ya sampai ga tau kalo ponakan saya udah hadir di dunia ini. :) Maafkan tante ya Alfi... semoga Alfi tumbuh sehat, aktif, cerdas dan jadi anak yang sholeh ya nak.

    Wah, ternyata seribet itu ya ngurus akte kelahiran skrg ini mba? Untung dulu waktu Intan lahir, seingat saya ga sampai segitunya deh. Semoga saja akte kelahiran Alfi bisa segera selesai ya mba Tarry. Kecup sayang untuk Alfi.

    Saleum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tante sibuk terus kaliii....Amiin terimakasih do'anya tante Al....


      maklum... belum pengalaman bikin akte mbak, terus ada peraturan baru lgi, jadi terasa banget ribetnya :)

      Delete
  4. Allhamdulillah 2 kali buat akte kelahiran anak gak ribet mbak dalam waktu kurang dari sebulan sudah jadi. Oh ya mbak jangan sampai setahun belum bikin akte loh nanti prosesnya lebiih rumit karena harus sidang segala.
    urusan kaya gini aku bawel banget loh mbak, sebelum lahir anak aku harus udah punya KK, jadi pas melahirkan langsung mengurus ke rumah sakit (waktu itu aku gak ngurus sendiri) gak perlu pakai KK dan KTP asli juga waktu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, beneran sidang yah, anakku dah mo tiga tahun malah mbak :D

      Delete
    2. KK udah punya mbak, tapi sikecil khan harus masuk dalam KK baru bisa ngurus akte. Ini saya pasrahkan ama bu bidannya saja biar saya ga wira-wiri ke kota hehe

      Delete
  5. Ara juga peyang waktu kecil mbak, keliatan banget peyangnya, tp setelah gede begini ga keliatan lagi kok, apalagi kalo anak perempuan kan rambutnya dipanjangin ya,,
    dulu udah usaha segala macem, pake bantal beras, udah gitu diganjal kepalanya biar jgn miring, tpi tetep aja miring, sempet ditakut takutin ama tetangga katanya ampe besar nanti peyang, ga terbukti kok.. hehehhehe

    iyaa saya juga tepok jidat deh urusan akte kelahiran inih, dulu ampe pusing dan bolak balik saya juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha ini saya juga pakai bantal beras lho mbak Mey... tapi tetep aja kepalanya digeser terus miring lagi :). Tapi kalau ada rambutnya ga kelihatan peyangnya kok. waktu digundulin itu bbaru kelihatan :)

      Delete
  6. waktu fauzan dulu ngga terlalu ribet, setelah lahiran di RS, langsung mereka yg urus, saya tinggal ngasih surat2nya dan semua memang hanya perlu foto copy tanpa yg asli kok.

    selalu sehat ya nak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ini peraturan baru bu, wong bu bidannya saja juga ga tahu :)

      Delete
  7. dede alfi sayang..lucu banget kamu :) ntar maen2 sama kaka hanif sama kaka ali y :) btw..masalah akta saya juga pernah alami kejadian yang sama waktu ngurus buat anak kedua mbak...ribet n waktunya itu loh mbak..ampe dua bulan baru jadi aktenya..itupun hampir aja berkasnya ilang di kantor capil kalo ga diubek2 lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nanti main sepeda-sepedaan ya... (kata dede Alfi)

      Dulu saya juga pernah ngalami seperti itu waktu bikin KTP. Sepertinya memang kurang profesional kok petugasnya :)

      Delete
  8. Kok ribet banget ya mbak.
    Abis itu katanya bikin akte mahal po mbak?
    Padahal ming akte kelahiran ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ming Akte, tapi nek ga punya akte yo ga bisa nikah lho hihihi.... Langsung menjurus ke sono

      Delete
  9. perasaan enggak ribet deh mbak, kalo di laksanakan dan di mengerti'i terlebih dahulu apa yang seharusnya di lakukan. Mungkin ribetnya itu karena kita belum tau treknya, jadi terasa ribet di perjalanan ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sich.... sayangnya kami belum punya pengalaman jadinya ribet hehe

      Delete
  10. ini jadi catatan Alfi deh ntar kalau besar ;-)
    mudah2an Alfi sehat selalu yah Tarry :-)

    ReplyDelete
  11. Hai...selamat ya atas kelahiran bayimu ;) moga sehat, cerdas, kuat, berguna bagi umat.

    ReplyDelete
  12. wah, aku baru tau soal ini, mba. harus cepet-cepet ya abis melahirkan langsung diurus? pantes kadang bapak suka kedatangan orang yang urus akte kelahiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jatahnya cuma 2 bulan setelah bayi lahir, setelah itu bisa kena denda

      Delete
  13. kalau yang asli diminta itu hanya untuk verifikasi data saja mbak, karena sekarang banyak yang pake fotocopy-an hasil rekayasa..jadi perlu dibuktikan dengan membawa dokumen yang asli....salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, mungkin saja seperti itu pak. Padahal untuk kebaikan tapi bagi kami terasa dipersulit hehe

      Delete
  14. knp harus seribet itu ngurusnya ya mbk,haddeuhhhh..... :(

    uwaaa,dedek alfi lcu ya,,,smg tambah pintar ya nak,pinter lari biar bundanya kurus hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho kok tahu kalau bundanya gemuk? Hehe.....

      Mungkin karena belum tahu mbak, jadi serasa ribet banget :)

      Delete
  15. Hmmm..ken ngurusinya bisa langsung Mbak, saya aja punya Akte Kelahiran pas umur 13 tahun, itupun ayah yang ngurusi, syaratnya hanya KK, Kartu Nikah, KTP Ortu, mosok peraturannya gak sama dengan sini Mbak :)

    Cepat gedhe dan tambah pinter ya Dik Alfi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu jaman bahela kali kang.... sekarang ngurus akte lebih sulit. Nikah ama lahirnya si kecil jaraknya dekat aja juga jadi masalah bikin akte :)

      Delete
  16. Saatnya mengganti tenaga kerja kalo bikin KK aja sampe lama begitu... Padahal khan cuma selembar kertas khan? Hhehehhee.. *ikutan emosi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimana kalau diganti kita saja tenaga kerja nya ehehehe

      Delete
  17. Ah birokrasi mempersulit keponakanku hanya cuma bikin akte lahir..

    sabar yo nduk Alfi, doakan Uncle Lozz jadi gubernur Jatim, nanti bikin akte lahir aja ada doorprizenya. keren kan progamnya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin,,,, ntar doorprizenya sepedaroda 3 ya uncle.... hihihi

      Delete
  18. Alfi... gendut ya sekarang mbak? Udah berapa kilo tuh...
    Sekarang akta kelahirannya sudah jadi kan mbak?
    Duh sampai bolak balik gitu ngurusnya... emangnya gak ada aturan tertulis gitu gimana cara dan syarat ngurus akta kelahiran supaya yang ngurus gak harus bolak-balik?
    Sun sayang buat Alfi ya mbak...

    ReplyDelete
  19. skrng sudah 4,6 kilo mbak terus aktenya masih dalam proses, ndak tahu jadinya kapan. belum ada kabar dari bu bidannya :).

    Sebenarnya ada aturannya tapi sudah berubah mbak, jadinya harus bolak balik hikz

    ReplyDelete
  20. Itu petugas kecamatannya aneh!

    Alfi sehat banget tampaknya. Dengan susu formula hanya selingan, semoga semakin sehat ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah kelima anakku ga ribet ngurus akte kelahirannya. Suami yang ngurus, aku terima beres aja.

    ReplyDelete
  22. Buat sikecil cepat besar yah dan jadi anak yang pintar dan rajin :)

    ReplyDelete
  23. hehehe.....kejadiannya hampir sama dengan saya mbak, ni saya juga lagi proses nunggu akte jadi.ribet tapi kita jadi tahu prosesnya.bedanya saya sudah bikin KK duluan

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Ad Code

Responsive Advertisement