Ad Code

Responsive Advertisement

Pesona Pantai Gemah Tulungagung

"Mbak Tin mau pulang,  main ke trenggalek ya.  Minta dibawain oleh-oleh apa?",  begitu pesan Ena, seorang teman yang sekarang masih bekerja di Hong Kong. "Insyaallah,  asal ngabarinya nggak dadakan kayak yang dulu",  begitu jawab saya. Karena 2x pulang ngabarinnya dadakan,  dan kebetulan saya lagi repot jadi ndak bisa ketemu.

Begitu sampai trenggalek tgl 12 November, Ena langsung ngabarin. Tapi suami masih repot mengurus sawah yang kekeringan karena belum turun hujan,  kami belum bisa kesana.  "Nunggu panen dulu ya",  kata saya. Dan setelah panen, Alfinya malah PAS (Penilaian Akhir Semester) sampai tgl 7 desember,  jadi mundur lagi sampai waktunya sudah mau habis,  karena tgl 12 Desember,  Mbak Tin harus sudah balik ke Hong Kong.

Sempat galau juga sih,  karena susah banget ngepasin waktu, hingga kami memutuskan tgl 10 desember mau kesana. Eh tapi malam minggunya suami kasih kabar kalau carteran kereta mini di cancel karena ada yang meninggal.  "Gimana kalau besok aja kita kesana,  biar Alfi ga bolos sekolah. Coba telpon mbak Tin, besok repot ga?",  kata suami.  Saya segera menghubungi mbak Tin, "Iya ada, kesini aja",  jawab mbak Tin.

Saya  panik dong,  mana belum bikin sambel pecel buat oleh-oleh pula. Untung ada tetangga yang produsen sambel pecel, yang resepnya sama punya emak.  Jadi saya langsung kesana, dan kebetulan ada stok.
Selain persiapan oleh-oleh,  saya juga menyiapkan semua keperluan kami terutama duo krucil. Karena rencananya kami mau main ke pantai,  jadi saya mempersiapkan baju ganti untuk saya dan suami juga.  Lihat semua perlengkapan yang sudah tertata rapi,  kok berasa lebay.  Pergi tak sampai 24 jam aja bawaannya segambreng. :)

Minggu 8 Desember 2019

Rencana kami mau berangkat jam 6, tapi seperti biasa,  molor sampai jam 6.30 baru berangkat. Perjalanan terasa sangat menyenangkan karena si adek kooperatif banget.  Meskipun ga mau tidur dan banyak gerak,  tapi dia tidak rewel seperti biasanya. Lama kelamaan,  capek juga sampai akhirnya tertidur di pangkuan saya. Sedangkan Alfi juga ga mau tidur "Nanti nek aku tidur bapak tahu jalannya gak?",  kata Alfi dengan PDnya.  Karena selama perjalanan,  dia yang bacain papan petunjuk jalan di setiap lampu merah atau persimpangan Jalan.
Si penunjuk jalan :).

Perjalanan menuju trenggalek kali ini,  lancar jaya.  Semua jalan sudah aspal halus dan lebar. Tidak seperti pertama kesana beberapa tahun lalu yang masih bolong-bolong dan ada proyek pelebaran jalan. Kali ini juga ada satu proyek,  tapi ada yang ngatur lalu lintas,  jadi tetap aman terkendali.

Akses menuju ke trenggalek juga gampang banget,  begitu keluar dari kota ponorogo tinggal mengikuti jalan besar aja.  Tanjakan juga tak seberapa,  tapi tetap harus waspada karena ada beberapa belokan tajam dan beberapa daerah rawan longsor. Jadi kalau lewat saat musim hujan harus hati-hati.

Rumah mbak Tin di daerah Pogalan,  dan beliau cuma kasih ancer-ancer tanpa kasih alamat jelas.  Meskipun pernah kesana,  tapi kami lupa tepatnya dimana.  Dan sialnya,  sinyal HP lenyap begitu saja saat masuk daerah trenggalek.  Saya segera kirim pesan ke Mbak Tin minta nomer HP Indonesia,  karena yang saya punya nomer Hong Kong yang hanya bisa dihubungi lewat WA. Pesan WA saya tidak bisa terkirim,  akhirnya kami tanya orang untuk memastikan kami tidak salah jalan.

Ternyata kami sudah benar,  tinggal lurus mentok, pertigaan belok kanan, terus sekitar 5 km sudah sampai SMK N 1 Pogalan. Tapi kami terlalu fokus tengok kanan, tanpa memperhatikan balai desa depan SMK, jadinya kami kebablasan. Tanya orang lagi,  putar balik baru ketemu balai desa. Dari balai desa, masuk +/- 1 km sudah sampai rumah mbak Tin. Kami sampai sekitar jam 8.15.

Awalnya,  rencana kami langsung ke pantai begitu saya datang.  Tapi Retno,  anaknya mbak Tin masih harus kursus bahasa inggris sampai jam 11. Ya sudah kami istirahat dulu. Habis dhuhur baru berangkat.  Sampai disini,  si adek masih kooperatif banget.  Asyik main dan ga rewel sama sekali.

"Mau main ke pantai mana?",  tanya mbak Tin. Rupanya pantai di sekitar sini itu banyak,  ada pantai Prigi,  pantai Popoh,  pantai Gemah,  dll. Saya minta yang paling dekat aja, dan pilihan jatuh pada pandai Gemah,  Tulung Agung.

Setelah Retno pulang,  kami keluar cari makan. Cuaca masih panas sekali,  sehingga kami memutuskan untuk pulang dulu setelah makan. Nunggu cuaca agak adem sambil istirahat, juga sholat. Dan sekitar jam 13.30, kami baru berangkat.

Dari SMK N 1 Pogalan jalan lurus aja, ada beberapa kali belok yang di pandu oleh Retno anaknya Mbak Tin. Jalannya mulus,  lebar dengan tanjakan yang tak seberapa. Perjalanan kami lancar,  karena sudah sore. Kemungkinan kalau perginya pagi saat weekend begini, lalu lintas lebih padat,  atau bahkan bisa macet.

Kurang lebih 45 menit kami sudah sampai pintu masuk pantai Gemah.  Seorang pemuda menyambut dengan ramah dan menanyakan ada berapa orang dalam mobil, "5 dewasa 2 anak",  jawab kami.  "45 ribu aja",  jawab masnya lagi. FYI, HTM @8000 sudah termasuk asuransi,  parkir mobil 5000, sepeda motor 2000, kali ini anak-anak dapat diskon alias gratis.

Setelah bayar Tiket masuk,  kami segera melaju mencari tempat parkir.  Tempat parkirnya luas banget,  bisa pilih di dekat pantai biar ndak terlalu jauh jalannya. Begitu turun dari mobil,  mbak Tin menggelar tikar untuk menaruh barang bawaan.  Bagi yang ga bawa tikar,  ada tempat sewa tikar @10.000. Meskipun cuaca masih sangat menyengat,  tapi tenang saja,  ada tempat teduh di bawah pohon cemara buat lesehan.

Fasilitas di Pantai Gemah Tulungagung.

• Parkir luas sepanjang bibir pantai
  • Sewa ATV untuk explore pantai gemah.  Tarif 80ribu-100ribu/jam bisa pilih yang 250cc, 150cc atau motor cross
  • Banana boat,  tarif 40 ribu/ orang maksimal 10 orang.
  • Perahu,  tarif 10 ribu/ orang bisa muat lebih banyak.
  • Warung makan/restoran dengan berbagai  menu terutama seafood.
  • Pusat oleh-oleh.
  • Kamar Mandi,  tarif 2 ribu/orang.
  • Mushola.
  • Dll.

Kami tidak punya nyali buat naik perahu, jadi bergaya di dekatnya aja ya. : )

Alfi sangat exited mainan sama ombak di pantai yang sesungguhnya.  Biasanya dia cuma berimajinasi dengan mainan-mainannya seolah sedang main di pantai. Kami membiarkan dia main sesuka hati sambil tetap mengawasi. Karena ombaknya bikin hati berdesir, takut menyeret tubuh mungilnya. Selain itu, banyak sekali pengunjung lain yang naik ATV lalu lalang di sepanjang pantai.

Menikmati keindahan pantai gemah yang pasirnya kecoklatan

Sedangkan Si Adek,  awalnya mau di tetah, sampai kakinya menyentuh air laut. Tapi lama kelamaan kayak ketakutan dan ga mau turun dari gendongan. Mungkin si adek takut sama gulungan-gulungan ombak yang datang silih berganti itu. Ya sudah, kami tidak memaksa,  karena adek juga mulai rewel.

Sebenarnya Alfi masih pingin main, tapi si adek semakin rewel. Sayapun mengajak Alfi bersih-bersih dan ganti baju.  Sedangkan si adek cuma di lap-lap aja karena ga ada air hangat.

Setelah selesai,  kami meninggalkan pantai gemah tanpa menikmati kuliner apapun dan tidak beli oleh-oleh ikan asap yang menggugah selera itu karena si adek benar-benar tidak bisa di ajak kompromi lagi. "Yah,  ga jadi makan ikan bakar kita",  kata mbak Tin yang mengkhawatirkan kami bakal kelaparan di jalan.

Karena sudah semakin sore,  kami menolak diajak berhenti untuk makan.  Kami cuma beli oleh-oleh aja lalu mengantar mbak Tin pulang, kemudian langsung cuss pulang ke Madiun. Biar ga kemaleman waktu lewat daerah yang jauh dari perkampungan.

Perjalanan pulang terasa begitu lama karena si adek ngajak adu otot sambil jejeritan dan ga jelas maunya apa.  "Sabar ya dek,  sebentar lagi berhenti sholat dulu ya",  segala bentuk rayuan sama sekali tidak mempan. Sampai akhirnya ketemu perkampungan saat menjelang maghrib. Kami berhenti,  dan si adek juga berhenti nangis.  Lega untuk beberapa saat.

Setelah melanjutkan perjalanan,  si adek pun mulai ngajak adu otot lagi.  Subhanalloh, emosi hampir tak tertahankan lagi, maklum emak juga lelah dek,  kau ajak adu otot mulai dari trenggalek sampai ponorogo. Rupanya adek pun kelelahan nangis sama polah.  Begitu sampai ponorogo kota, dia kibar-kibar bendera putih dan akhirnya terlelap dalam pangkuan saya.

Sekitar jam 19.30 kami sudah sampai rumah dengan selamat. Alhamdulillah. Meskipun lelah,  tapi senang bisa ketemu teman yang hanya kenal saat di Hong Kong.  Semoga tali silaturahmi tetap terjaga ya....  Dan terima kasih untuk semuanya.
Bersama Mbak Tin dan Retno,  putri semata wayangnya.