Ad Code

Responsive Advertisement

Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil

Tahun ini,  Alfi belajar puasa tengah hari.  Alhamdulillah,  sampai hari ini belum bolong meskipun banyak dramanya terutama saat makan sahur.  Hampir setiap hari kalau diajak makan sahur masih ngamuk-ngamuk,  dan ada saja alasannya.  Yang lauknya ga enaklah,  yang ngantuklah,  yang minta ayam goreng crispy padahal sudah dibikinin nuggetlah dan masih banyak lagi. 


Sedangkan untuk drama kapan buka puasanya sudah tidak ada.  Anaknya sudah mulai enjoy menjalankan ibadah puasa dan bisa menahan haus dan laparnya. 


Ini beberapa tips berpuasa untuk anak kecil,  agar puasa berjalan lancar dan tidak banyak drama: 

1. Memberi pengertian tentang puasa,  apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan,  siapa saja yang harus berpuasa,  pahalanya dan semua tentang puasa. "Buk,  si itu kok ga puasa?",  protesnya ketika ada temannya tidak puasa padahal umurnya sama. 

Saat mendapatkan pertanyaan seperti itu,  sebagai orang tua harus bisa memberi jawaban yang tepat agar dia tidak sombong karena sudah berpuasa atau agar tidak terpengaruh ikutan temannya yang tidak puasa. 

2. Menanyakan ingin makan apa?  Agar puasanya lebih semangat,  setiap hari saya tanya mau buka atau sahur pakai lauk apa?  Kalau lagi bagus moodnya dia jawab "seadanya sajalah buk". Kalau mood lagi ga baik,  ya jangan tanya.  Pernah, malam-malam habis tarawih berangkat beli nugget gara-gara stok di rumah habis. 

3. Mengajak anak melakukan  aktifitas yang disukai atau kegiatan positif lainnya,  seperti menggambar, bermain di taman,  atau sekedar jalan-jalan untuk menunggu waktu berbuka.
Tips puasa untuk anak kecil
Bermain di Taman Desa. 

4. Tidur siang.  Hari biasa,  Alfi susah sekali kalau disuruh tidur siang.  Tapi selama bulan puasa,  saya memaksa dia untuk tidur siang biar tidak ngantuk saat tarawih. Selain itu,  tidur siang juga bisa mengalihkan rasa laparnya.  Begitu pulang sekolah,  main sebentar terus tidur.  Ntar bangun jam 12 atau lebih,  sudah bisa buka puasa. 

5. Memberi reward.  Di awal puasa,  dramanya banyak banget, makanya saya bilang sama Alfi,  kalau berhasil puasa sharing, saya kasih duit 5000. Tentu saja anaknya jadi lebih semangat,  apalagi dia lagi giat-giatnya menabung buat beli sepeda lipat. Reward yang kecil memang,  tapi ketika anak berhasil mendapatkannya, bahagianya tak terkira lho.
Bongkar celengan buat beli sepeda lipat.  Nunggu reward sama THR baru dibelikan. :) 

Itulah beberapa tips berpuasa untuk anak kecil yang baru belajar puasa.  Ada yang anaknya baru belajar puasa juga?  Bagi pengalamannya di mari ya....:) 

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement