Ad Code

Responsive Advertisement

Amalan Puasa Bagi Ibu Menyusui

Bulan ramadhan,  adalah bulan istimewa karena di bulan ini,  semua amalan yang kita lakukan akan dilipat gandakan pahalanya. Semua orangpun berlomba-lomba memperbanyak ibadah untuk meraih pahala yang sebesar-besarnya. 

Tapi bagi saya yang masih punya bayi dan menyusui,  ibadah terasa kurang maksimal karena anak belum bisa diajak ke mushola untuk sholat tarawih atau tadarus. 


Meskipun begitu,  saya tidak perlu berkecil hati karena saya bisa melakukan amalan-amalan lain seperti: 

  • Puasa

Alhamdulillah,  untuk kesekian kalinya saya bisa berpuasa sambil menyusui. Tapi tahun ini ada bolongnya  (lagi) karena si adek diare. Kata orang sih akibat ibunya puasa,  ASInya panas makanya anaknya diare.  Entah fakta atau mitos,  saya memilih ga puasa karena kalau si adek lagi sakit, ngeASI nya bisa non stop. Daripada saya lemes,  ya saya istirahat dulu puasanya. 
Amalan puasa bagi ibu menyusui
Puasa sambil menyusui,  harus tetep happy. 

  • Berdo'a dan berzikir

Setiap ada kesempatan,  saya bisa melakukannya terutama setelah sholat.  Lebih sering setelah sholat isya',  karena si adek tidurnya lebih lelap. Kalau si adek keburu bangun ya sambil ngeloni si adek, sampai akhirnya ikut tidur sekalian. :) 

  • Membaca Alqur'an. 

Setiap hari saya usahakan membaca al qur'an meskipun hanya selembar dua lembar.  Kadang juga pakai aplikasi al qur'an,  baca sambil ngeloni si adek. Dan lagi-lagi,  saya ikutan tertidur lelap.:) 

  • Sedekah

Untuk hal ini, tetap kami sisihkan meskipun dengan segala keterbatasan keluarga kami karena bertepatan dengan bikin kamar mandi sama nyicil poles tembok rumah dan juga waktunya nggarap sawah. Semoga diberi kemudahan dan kelancaran biar bisa berbagi lebih banyak.  Amin.

Baca:  Rejeki Barokah, Dengan Zakat, Infak dan Shodakoh

Itulah beberapa amalan puasa bagi ibu menyusui seperti saya. Yang penting kita sudah berusaha melakukakan yang terbaik. Soal pahala,  biar Allah yang menghitungnya.  Iya khan? 



Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement