Ad Code

Responsive Advertisement

Keseruan Ramadhan Era 80-90an


Ngomongin tentang ramadhan saat masa kecil,  tak terasa sudah hampir 30 tahun waktu berlalu.  Waktu itu, era 80-90an saya masih SD,  dimana saya sudah mulai belajar puasa sampai maghrib. 

Tidak ada paksaan untuk melakukannya,  semua kami lakukan atas kemauan sendiri dan juga rasa malu kepada teman-teman sebaya kalau sampai tidak puasa atau hanya puasa sampai dhuhur saja. 


Waktu itu juga tidak ada makanan macam-macam seperti saat ini.  Puasa ya puasa,  ga pernah minta lauk ini itu kepada orang tua. Apa yang disiapkan oleh orang tua, kami makan dengan lahap tanpa ada protes. 
Hanya saja,  setiap habis buka puasa kami akan minta uang untuk beli jajan.  Jajanan paling hits waktu itu adalah opak gapit (pecel+krupuk gaplek) dan setrup (minuman yang terdiri dari sirup dikasih framboz, perasan jeruk nipis dan kolang-kaling). 


Warnanya yang merah dan aroma dari framboz sungguh sangat menggugah selera. Minuman ini,  akan jadi penawar pedasnya sambel pecel saat makan opak gapit. 

Sambil menunggu azan isya',  selain jajan, biasanya kami main petak umpet dan aneka mainan tempo dulu lainnya.  Suasana mushola/Masjid pasti ramai oleh teriakan dan jeritan kami yang berlarian kesana kemari. 


Pada masa itu, semua anak yang sudah SD pasti rajin ke mushola untuk meminta tanda tangan di buku romadhon.  Buku yang menjadi saksi atas semua aktifitas selama ramadhan seperti,  sholat tarawih,  hafalan surat pendek,  jamaah sholat shubuh,  dan apalagi ya?  Kok lupa saking lamanya. :). 

Setelah masuk waktu isya',  kami segera berwudhu untuk mengikuti sholat isya' dan tarawih.  Selesai tarawih,  ada sesuatu yang kami tunggu-tunggu yaitu puluran.  Makanan yang dibawa bergiliran tiap rumah, untuk dibagikan kepada semua jamaah.  Entah kenapa,  apapun makanannya waktu itu terasa begitu nikmat sekali. 

Selesai tarawih, dilanjutkan dengan tadarus.  Saat tadarus,  kami akan bergiliran membaca Al qur'an dengan menggunakan speaker. Meskipun bacaan kami belum benar-benar lancar tapi kami diberi kesempatan untuk membacanya. Setelah itu baru kami pulang,  sedangkan anak laki-laki banyak yang tidur di mushola/Masjid.

Kegiatan belum selesai sampai di sini,  bagi anak laki-laki,  sekitar jam 2 pagi,  berangkat dongkrek'an jalan keliling kampung untuk membangunkan semua warga. Hanya dengan menggunakan alat seadanya seperti dongkrek dari bambu, jirigen bekas atau tutup panci, mereka mampu menghasilkan irama yang sangat merdu. 

  "Sahur.... Sahur.... Sahur..... " Teriak mereka mengikuti irama. Setelah selesai,  baru mereka pulang ke rumah masing-masing untuk makan sahur. 

Selain dongkrek,  dari masjid/mushola ada seruan  setiap 15 menit sekali, mengingatkan warga untuk makan sahur sampai menjelang imsyak.  Saat imsyakpun terdengar di mana-mana.  Kalau sekarang kadang ga ada imsyak,  tiba-tiba azan shubuh aja.:). 

Saat tiba waktu shubuh,  kami masih semangat pergi ke mushola/Masjid. Iya,  kami selalu semangat menjalankan semua ibadah selama bulan ramadhan. Demi apa coba?  Demi mendapatkan tanda tangan di buku romadhon yang katanya harus dikumpulkan setelah lebaran,  tapi kenyataannya tidak pernah ditanyakan saat masuk sekolah.:). 

Habis jamaah sholat shubuh,  kamipun jalan-jalan keliling kampung atau naik sepeda keluar kampung kalau bertepatan dengan hari libur sekolah. Setelah selesai jalan-jalan atau bersepeda,  kami pulang ke rumah untuk persiapan sekolah atau melakukan pekerjaan rumah lainnya. 

Dan ketika perjuangan sepanjang bulan ramadhan harus berakhir,  kegiatan penutup yang kami lakukan adalah jalan kaki takbiran keliling sambil bawa obor.  Obornya dibuat dari sepotong bambu kecil yang diisi dengan minyak tanah.  


Biasanya sekolah yang mengadakan kegiatan takbir keliling ini,  dan yang paling heboh adalah saat harus bikin obor.  Beruntung keluarga kami punya pohon bambu jadi ga perlu bingung cari bambu.:). 
Takbir zaman now,  naik pick up.  :) 

Itulah keseruan-keseruan ramadhan saat masa kecil saya,  era 80-90an. Masa paling bahagia menurut saya, karena kebersamaan masih begitu terasa.  Tidak seperti jaman sekarang,  yang hanya raganya saya terlihat bersama tapi pikirannya melanglang buana kemana-mana karena pada pegang gadget masing-masing. Sungguh saya rindu masa-masa itu. : (

Post a Comment

1 Comments

  1. dulu disekitar rumah ibu saya kalo sahur banyak anak-anak yang keliling kampung sambil bawa kendang, drum dkk untuk bangunin sahur... sekarang udah hampir gak ada

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Ad Code

Responsive Advertisement