Monday, May 14, 2018

Ramadan Ekstra : Tips Belanja Online Hemat Selama Ramadan Di Tokopedia

Tak terasa, Bulan Ramadan sudah di depan mata. Dan Ramadan tahun ini menjadi Ramadan ekstra buat saya karena saya punya bayi yang masih ngeAsi. Jadi saya butuh stamina prima agar puasa saya tetap lancar meskipun sedang menyusui.

Sebenarnya ini bukan yang pertama kalinya sih, dulu waktu hamil muda Alfi juga pas puasa, dilanjut 2 tahun ASI, kemudian hamil si adek tahun lalu juga pas puasa. Alhamdulillah, saya bisa melaluinya, yang tahun lalu hamil 6 bulan, cuma bolong 2x karena muntah-muntah salah makan.


Hanya saja, dulu baru punya anak 1. Sedangkan sekarang, sudah ada anak 2. Dan rencananya, tahun ini Saya mau mengajak Alfi belajar puasa, karena usianya sudah 5,5 tahun. Pastinya akan menjadi tantangan tersendiri buat saya untuk melewati bulan Ramadan ekstra tahun ini. Tantangan terberat mungkin saat bangunin Alfi makan sahur, terus adeknya ikutan bangun minta ASI. Kalau dibayangin pasti rempong ya. :).

Selain itu, ada hal lain yang tak kalah rempongnya, yaitu untuk urusan belanja terutama baju lebaran. Dimana-mana ramainya pasti kebangetan, apalagi kalau sudah mendekati lebaran.

Biasanya kami pergi ke distro-distro yang ada di daerah kami dulu, kalau tidak ada yang cocok baru ke Madiun Kota atau ke Ponorogo. Iya, kami harus pergi ke kota dulu yang jarak tempuhnya +/- 30 menit untuk mendapatkan apa yang kami inginkan.

Tapi itu dulu waktu baru punya Alfi, kalau sekarang? Kok jadi mikir-mikir kalau mau pergi ke kota untuk belanja kebutuhan lebaran. Kebetulan si adek bayi ini ga pernah mau pisah sama emaknya, jadi harus di gendong kemana-mana. Kalau harus jalan keliling pilih barang khan pundak emakmu ini pegel, dek. :).

Maka dari itu, untuk menghindari pundak pegel-pegel dan tetap bisa menikmati ramadan ekstra tanpa rempong urusan belanja, belanja online di e-commerce terpercaya seperti Tokopedia bisa jadi pilihan saya untuk menghemat waktu dan tenaga.

O iya, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti, harga kemahalan atau barang tidak sesuai, ini dia tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia :

  • Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia

Memiliki banyak toko online berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

  • Jeli baca spesifikasi barang

Agar tidak kecewa saat barang datang, sebaiknya memang jeli baca spesifikasi barang, seperti bahannya apa, ukuran, warna, dll. Bisa juga baca ulasan-ulasan yang telah ditulis pembeli sebelumnya mengenai barang tersebut, dan jangan sungkan-sungkan untuk chat ke penjualnya untuk lebih jelasnya.

Jangan sampai spesifikasi ditulis karpet ukuran 40cmx40cm pas terima barang ngarep dapet karpet besar ukuran ruang tamu anda. Yang salah siapa? 

  • Pilih produk berkualitas dari kreator lokal

Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit. Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi  berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

  • Cari toko online terdekat

Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik. Jangan kayak saya dulu, tinggal di Madiun, beli barangnya dari Jakarta. Ongkirnya berat buk... :)

  • Pilih cara pembayaran yang tepat

Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online. Kalau saya pilih transfer bank via ATM, karena tidak punya internet/mobile banking. Sengaja tidak pakai untuk menghindari kalap belanja online. :)

  • Pilih metode pengiriman paling efisien

Dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita.

  • Manfaatkan promo dan diskon

Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra.

Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih special?

Ada ekstra flash sale, dimana akan ada promo ekstra hemat dari Tokopedia. Pantau terus agar tidak ketinggalan infonya. Ada  ketupat ekstra yang bisa kita temukan saat log in maupun transaksi. Kumpulkan kuponnya untuk mendapatkan hadiah- hadiah menarik. Dan masih banyak lagi kejutan lainnya.

Jangan sampai terlewatkan kesempatan ini ya agar Ramadan ekstra kita  tahun ini jadi lebih berkesan dengan memberikan yang terbaik untuk keluarga melalui Tokopedia. 

1 comment:

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...